Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer

Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer - Hallo sahabat! Selamat datang di Cerdas Literasi Bangsa, Pada Artikel yang kalian baca ini yang berjudul Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer, sebisa mungkin kami telah mempersiapkan bahan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi dari postingan Artikel Jaringan Komputer, yang kami tulis ini dapat dipahami dengan mudah. Baiklah kalo begitu, selamat membaca!
Judul : Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer
link : Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.Hal ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita yang sudah memasuki dunia modern ini. Teknologi semakin canggih dan sangat membantu mempermudah aktifitas kita manusia. Seperti namanya " Jaringan Komputer " bertujuan untuk mencapai tujuannya, seperti dari setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Hal ini dikenal seperti berikut ini, pihak yang meminta atau menerima layanan di sebut dengan klien, sedangkan untuk yang memberikan atau mengirim layanan disebut dengan server atau peladen. Dinamakanlah dengan sistem client-server yang hampir seluruh aplikasi jaringan komputer menggunakannya. Nah untuk membangun sebuah jaringan ini terdapat beberapa hal yang kita butuhkan. Semisal dari dua buah komputer masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan yang kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai pihak lain atau medium transmisi data. Selain perangkat keras, dibutuhkan juga perangkat lunak sistem operasi jaringan yang akan membentuk sebuah jaringan komputer sederhana.





CABLING / WARING

PENGKABELAN


 


A. Tujuan




a. Mengetahui cara pembuatan kabel straight dan cross over

b. Mengetahuikonfigurasi masing-masing tipe kabel

c. Mengetahui jenis kabel tersebut dan kapan digunakan

d. Mengetahui jenis kabel data network




 B. Material



a. RG45 [AMP] Original

b. Crimping Tools (Alat yang digunakan untuk mengikat RG45 dan Kabel data network /     Belden CAT5 atau CAT6).

c. LAN Tester

d. Personal Computer / Laptop

e. Router - Mikrotik RouterOS RB750 atau Jenis Router lainnya.

f. Simulator Packet Tracert versi 5.3.



C. Teori Dasar



Dalam dunia teknik membuat jaringan lan ataupun internet kita pasti mengenal akan istilah jenis kabel straight  dan jenisa kabel cross over.  Kabel straight dan Cross over UTP ini biasanya dipakai saat kita ingin menghubungkan antar hub,  menghubungkan 2 komputer secara langsung ataupun melalui perantara swutch hub sebagaimana yang sering dilakukan untuk instalasi lan warnet. Urutan Warna Kabel Straight UTP adalah orangeputih-orange-hijauputih-biru-biruputih-hijau-coklatputih-coklat sebagaimana tampak pada gambar TIA/EIA 5688B Wiring berikut:







Urutan Warna Kabel Straight UTP

TIA/EIA 5688B Wiring


Urutan Kabel UTP Straight ini sering digunakan untuk menghubungkan antara computer dengan switch, menghubungkan computer LAN pada modem cable/DSL, menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL, menghubungkan switch ke

router, menghubungkan hub ke router.





Kabel Cross Over memiliki susunan berbeda antara kedua ujungnya dan digunakan untuk menghubungkan 2 device seperti untuk menghubungkan 2 buah switch, menghubungkan 2 buah hub, menghubungkan switch dengan hub, menghubungkan komputer dengan router.







Susunan Kabel Cross Over




Membuat Kabel Straight dan Cross Over





Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu kabel UTP, Connector RJ45, Crimping tools dan RJ45 LAN Tester, contoh gambarnya seperti dibawah ini:





















RJ-45






Tang Crimping




RJ-45 LAN Tester






Teknik Mengupas dan Membuat Kabel Straight :


  1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.

  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutkan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B.

  3. Setelah urutannya sesuai standar dan kabelnya lurus, potong dan ratakan ujung kabel menggunakan gunting (usahakan sama lurus).

  4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut kedalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel sudah masuk sampai ujung dalam.

  5. Jepit/Crimping menggunakan crimping tools dan pastikan semua pin (kuniangan) pada konektor RJ-45 sudah "menggigit" tiap-tiap kabel.

  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain.



 


Cara Menggunakan LAN Tester :




Untuk mengetahui apakah urutan kabel straight yang telah kita buat sudah bagus, maka kita harus menguji kedua ujung RJ45 tersebut menggunakan LAN Tester.



  1.  Colokkan satu kabel UTP ke LAN Tester yang besar dan masukan lagi ujung kabel UTP lainnya ke LAN Tester yang kecil.

  2. Switch On LAN Tester.

  3. Kabel UTP telah bagus dan benar jika urutan lampu berjalan mulai dari ) sampai 8 secara berurutan dan serempak (untuk urutan kabel straight).

  4. Jika ada salah satu mati pada lampu LAN Tester, itu menandakan ada kabel yang belum terhubung dengan baik dan jika di pasang akan menyebabkan komputer tidak konek internet ataupun antar komputer tidak terhubung. Jangan diputus dulu tapi cobalah crimping/jepit kembali dengan crimping tools lalu tes kembali.


Demikian itulah informasi mengenai Cabling/Wiring Pengkabelan yang dapat saya informasikan. Semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat bagi anda yang sedang belajar merakit jaringan komputer.  Untuk dapat hasil dari dengan baik, jangan lupa urutan warna kabel dan susunannya. Semoga berhasil !



Sumber : Modul Praktikum Jaringan Komputer

Oleh : Nur Widiyasono, S.Kom.

Demikianlah pembahasan Artikel Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer

Mohon maaf jika pembahasan materi Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer kali ini masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Jika dirasa ada materi yang perlu diupdate, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ya. Terima Kasih..

Anda sekarang membaca artikel Cabling, Wiring, Pengkabelan - Jaringan Komputer dengan alamat link https://cerdasliterasibangsa.blogspot.com/2017/07/cabling-wiring-pengkabelan-jaringan.html