Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa

Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa - Hallo sahabat! Selamat datang di Cerdas Literasi Bangsa, Pada Artikel yang kalian baca ini yang berjudul Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa, sebisa mungkin kami telah mempersiapkan bahan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi dari postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat dipahami dengan mudah. Baiklah kalo begitu, selamat membaca!
Judul : Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa
link : Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan akun Google yang hilang karena berbagai macam sebab. Salah satu diantaranya menggunakan menu Nomor Telepon Pemulihan yang sudah disediakan oleh pihak Gmail.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tahap-tahap pemulihan akun google dibawah ini.


Berikut Panduan Cara Mengembalikan Akun Gmail Yang Lupa Username Atau Id Alamat Email, Kata Sandi, Akun Terhapus, Dan Juga Akun Google Yang Kena Bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Memulihkan Akun Google Ketika Lupa Kata Sandi 

Pastikan, sebelum kalian mengikuti langkah-langkah untuk memulihkan akun Google ini, Kalian harus mengetahui setidaknya nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan untuk akun tersebut serta nama lengkap di akun Kalian. 

1. Masuk ke akun Google Kalian di https://accounts.google.com 

2. Tuliskan alamat e-mail Lalu pilih “Forgot Password/Lupa Kata Sandi” 

3. Setelah itu Kalian akan diminta menuliskan kata sandi terakhir akun Google Kalian. 

4. Akan tetapi jika benar-benar terlupa, Silahkan pilih “Coba Cari Lain” Setelah itu masukkan e-mail pemulihan Kalian, Cek kotak masuk e-mail pemulihan untuk mendapatkan kode. 

5. Selanjutnya Kalian akan diminta untuk mengatur ulang kata sandi. 

6. Pilih sandi yang kuat yang belum pernah digunakan pada akun tersebut Selesai.

7. Jika Kalian menyetel ulang kata sandi, maka Kalian akan logout di sebagian besar tempat yang menggunakan akun Google kalian sehingga kalian harus masuk kembali menggunakan kata sandi yang baru dibuat.

Cara Melihat Password Gmail yang melalui Google Chrome

1. Buka terlebih dahulu browser Chrome dari PC/Laptop yang sedang digunakan.

2. Klik ikon tiga titik hitam di pojok kanan atas (bawah tanda X/Exit)

3. Pilih Settings/Setelan

4. Kemudian akan muncul jendela baru. Lalu Klik saja Passwords.


5. Nah, di jendela ini akan muncul beberapa login berikut dengan email dan password yang sudah disimpan. Berikut contohnya. Klik saja ikon mata dan masukkan password windows jika diminta. Lalu klik mata lagi, dan password akan terlihat.



Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Mozilla Firefox

1. Buka browser Mozilla Firefox

2. Klik Pengaturan/Settings

3. Pada sisi kirim, klik Privasi dan Keamanan. Lalu, pilih Info Masuk Tersimpan


4. Nah, di sini kamu bisa melihat akun-akun yang login di sisi kiri, dan di sisi kanan ada data yang kamu butuhkan termasuk password nya. Untuk melihatnya, klik ikon mata



Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Microsoft Edge

1. Pertama, buka browser Microsoft Edge

2. Pilih Setelan/Settings

3. Pada bilah kiri, pilih Passwords & autofill > Klik Manage passwords


4. Nah, di sini kamu bisa melihat passwords yang sudah kamu simpan melalui browser ini

Hal-hal diatas ini bisa juga kalian terapkan pada browser kesayangan kalian. Intinya cara melihat password gmail ini melalui fitur autosave yang ada pada browser.

Tips: Agar Tidak Mudah Lupa Password Akun Gmail Google 

Agar email dan password tidak mudah kelupaan lagi bagi kalian yang memiliki banyak aktivitas dan kesibukan, ada baiknya beberapa tips ini yang disarankan berikut layak untuk dilakukan:

1. Password Unik Mudah Diingat

Jangan pernah sekali-kali kalian membuat password yang membuatmu kesulitan saat mengingatnya, terlebih bagi kalian yang memiliki banyak kegiatan sehingga sulit mengingat hal-hal detil seperti ini.

Oleh karena itu, buatlah password yang ringan dan familiar sehingga password bakal gampang diingat. Untuk memperoleh kekuatan, cukup tambahkan sedikit kombinasi karakter unik, huruf kapital dan angka agar lebih aman lagi.

2. Password Sama untuk Setiap Akun

Jika kalian memiliki banyak banget akun, misalnya saja akun Gmail Google ada 10, akun E-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, lazada, Facebook, Instagram, dll, maka simple saja buatlah password yang sama untuk semua akun yang ada. Namun, sebagai pengaman disarankan untuk password Gmail baiknya agak dibedakan sedikit.

Sebagai contoh: 

password Gmail : mumet321, 
password situs lain : mumet312. 

Nah, dengan begitu, kalian akan lebih mudah mengingat password meski dengan banyak akun yang ada.

3. Jangan sering Ganti Password

Pergantian password memang perlu dilakukan jika password akunmu sudah sering diketahui oleh banyak orang. Namun, jika ingin mengganti password, usahakan pakailah password yang tidak jauh-jauh dari password utama, hal ini berfungsi agar kalian tidak sulit untuk mengingatnya. Dan jika ada pembobol tau, lebih baik ganti total kemudian catat Password.

4. Perkuat Email

Apa saja cara memperkuat email kita? Sebenarnya ada banyak cara karena Gmail sudah memfasilitasi penggunanya untuk memperkuat akun Gmail mereka.

Caranya antara lain dengan menambahkan nomor telepon (kami sarankan min 2 nomor), menambahkan email pemulihan, menghubungkan ke android, menambahkan pola ke aplikasi ‘Setelan’ di android, mengaktifkan verifikasi 2 langkah, dan masih banyak lagi.

5. Simpan Password

Simpanlah password di aplikasi notepad. Jangan lupa juga kunci aplikasi notepad nya. Kalau bisa, gunakan lebih dari satu app lock di aplikasi notepad tersebut agar lebih aman.

Sebuah notepad menurut saya penting sekali untuk menyimpan berbagai data login di berbagai situs. Ini karena, mungkin sudah ratusan website yang saya daftar, dan tentu email dan password nya agak berbeda-beda.

Selain itu, backup data notepad yang berisi akun-akun kamu ini ke email utama yang benar-benar sudah diamankan penuh. Ini berguna agar ketika tiba-tiba HP kamu hang atau sudah tidak bisa diaktifkan, maka data-data akunmu akan terselamatkan. Backup secara rutin ya.

Demikianlah pembahasan Artikel Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa

Mohon maaf jika pembahasan materi Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa kali ini masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Jika dirasa ada materi yang perlu diupdate, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ya. Terima Kasih..

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengembalikan Akun Google Yang Lupa dengan alamat link https://cerdasliterasibangsa.blogspot.com/2023/12/cara-mengembalikan-akun-google-yang-lupa.html