Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP

Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP - Hallo sahabat! Selamat datang di Cerdas Literasi Bangsa, Pada Artikel yang kalian baca ini yang berjudul Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP, sebisa mungkin kami telah mempersiapkan bahan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi dari postingan Artikel Jaringan Komputer, yang kami tulis ini dapat dipahami dengan mudah. Baiklah kalo begitu, selamat membaca!
Judul : Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP
link : Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP


Apa itu model TCP/IP ?








Berikut ini penjelasan mengenai model jaringan TCP/IP yang merupakan bagian dari Materi Komputer Jaringan Dasar, SMK, Kelas X.



Pada prisipnya mode TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol) sama dengan model jaringan OSI namun lebih disederhanakan. Model ini dikembangkan oleh DARPA (Defense Advance Research Project Agency).



Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah suatu set aturan standar komunikasi data yang digunakan dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain di jaringan komputer tanpa melihat perbedaan jenis hardware.



Protokol TCP/IP ini terbentuk dari 2 komponen yaitu Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Protokol ini dikembangkan oleh Advence Research Project Agency (ARPA) untuk departemen pertahananAmerika pada tahun 1969. TCP/IP sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Sebuah alamat TCP/IP adalah nilai biner berukuran 32 bit yang diberikan ke setiap host dalam sebuah jaringan.



Berikut ini lapisan TCP/IP beserta fungsinya :




  1. Network Access : berfungsi untuk mengirim dan menerima dari dan ke media fisik. Network Access layar terbawah dari model TCP/IP.

  2. Internet : berfungsi untuk mencari jalur terbaik untuk pengiriman paket data.

  3. Transport : berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua komputer dan mengirimkan paket. Yaitu : TCP dan UDP.

  4. Application : berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jaringan. Yaitu : Telnet,FTP,HTTP,SNMP bekerja pada lapisan ini.







Perbedaan model OSI dan TCP/IP ?




Perbedaan model TCP/IP dan Open System Interconnection (OSI) terletak pada jumlah layer. Pada model OSI terdapat 7 layer sedangkan pada model TCP/IP hanya terdapat 4 layer. Namun pada prinsinya sama, hanya ada beberapa layer pada model OSI disederhanakan menjadi satu layer pada model TCP/IP.





Perbedaannya bisa diperhatikan pada gambar berikut :










Tiga Layer terakhir  layer pada model OSI yaitu Application Layer, Presentation Layer, dan Session Layer digabungkan menjadi satu layer pada model TCP/IP yaitu menjadi Application Layer saja.


Sedangakn layer yang keempat yaitu Layer Transport tetap tidak berubah.


Network Layer pada model OSI berganti nama menjadi Internet Layer pada model TCP/IP


Dua model pertama yaitu Data Link Layer dan Physical Layer pada model OSI disederhanakan menjadi satu layer yaitu Link Layer pada model TCP/IP.





Demikian sedikit penjelasan mengenai model jaringan TCP/IP serta perbadaannya dengan model OSI.










Demikianlah pembahasan Artikel Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP

Mohon maaf jika pembahasan materi Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP kali ini masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Jika dirasa ada materi yang perlu diupdate, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ya. Terima Kasih..

Anda sekarang membaca artikel Model TCP/IP | Model Jaringan TCP/IP dengan alamat link https://cerdasliterasibangsa.blogspot.com/2018/10/model-tcpip-model-jaringan-tcpip.html