Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server.

Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server. - Hallo sahabat! Selamat datang di Cerdas Literasi Bangsa, Pada Artikel yang kalian baca ini yang berjudul Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server., sebisa mungkin kami telah mempersiapkan bahan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi dari postingan Artikel MIKROTIK, yang kami tulis ini dapat dipahami dengan mudah. Baiklah kalo begitu, selamat membaca!
Judul : Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server.
link : Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server.







Assalamuallaikum Wr.Wb








Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.





Pada dasarnya, proxy server memiliki tugas untuk menjembatani dan juga mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melewatinya. Dengan adanya proxy server, maka setiap aplikasi client maupun aplikasi server, seperti FTP, web server, web browser dan semacamnya bisa dimonitor dan juga dikendalikan oleh proxy server.





KELEBIHAN PROXY SERVER PADA JARINGAN TCP/IP


1. Keamanan jaringan terjaga. Karena proxy sebagaipembatasantarajaringan local dan jaringanluar.


2. Pengaksesan situs menjadi lebih cepat karena system caching/chace.


3. Terdapat fasilitas filtering.





KEKURANGAN PROXY SERVER PADA JARINGAN TCP/IP


1. Pengaksesan situs yang belum pernah dibuka menjadi lebih lambat karena client harus Memintater lebih dahulu kepada proxy.


2. Bila proxy server terlambat mengupdatechace maka client akan mendapatkan conten yang belum update ketika melakukan request data.














 Cara Mengaktifkan Proxy Server








Klik Menu IP > Web Proxy > lalu di Tab General beri ceklis pada Enabled


Cache Administrator : admin@(terserah kalian).net


Beri ceklis pada Cache On Disk lalu klik OK.







Kemudian kita cari Open Proxy Setting klik Tab Connection dan klik LAN settings selanjutnya masukkan address dengan Portnya kemudian kita centang Bypass proxy server for local address kemudian Ok

















Penjelasan Tentang Cara Transparent Proxy


  • Transparent proxy adalah sebuah metode dimana client yang ada dalam jaringan, tidak perlu melakukan konfigurasi (transparent) untuk bisa mengakses/ terhubung/ dikenakan aturan dari proxy server tersebut, akan tetapi proxy server yang langsung melakukan broadcast terhadap siapapun yang telah memiliki akses ke internet untuk ‘dipaksa’ melewati proxy server terlebih dahulu. Misal, hampir setiap proxy server mempunyai port sendiri yang dapat kita atur sendiri. Tentunya setiap client yang terhubung ke proxy server harus melakukan konfigurasi port di mesin client itu sendiri. Pasti akan terasa repot jika jumlah client-nya sangant banyak. Maka dari itu transparent yang akan melakukannya secara otomatis, dimana port 80 (port standar www) akan secara otomatis di-redirect ke port transparent proxy tadi.



  • Non-transparent proxy, bedanya dengan transparent proxy adalah, jika transparent proxy akan melakukan konfigurasi port secara otamatis, sedangakan non-transparent proxy mengharuskan client proxy untuk melakukan konfigurasi port secara manual dengan mengarahkan ke proxy server tersebut.



Pertama buka Menu IP > Firewall > kemudian pilih Tab NAT lalu klik Tambah.






Kemudian ke Tab General isi Chain : dstnat 


Protocol : 6(tcp) 


port : 80  


Lalu klik Apply Dan Ok.









Selanjutnya pilih Tab Action 


isi Action : redirect


To Ports : 8080


Klik Oke.









Blok Situs Menggunakan Proxy 








Langkah Pertama Masuk Ke Winbox lalu buka menu Ip>Web Proxy Setelah itu masuk ke General lalu kita ceklis Enabled lalu masukan portnya 8080 lalu untuk cache Administrator nya Admin@windy.com


setelah itu kita klis menu acces maka akan muncul tampilan tabel nya.








Ini adalah tampilan setelah kita klik menu acces, nah setelah itu kita klik tanda (+) untuk memblok situs yang kita inginkan









Disini kita akan memblok alamat yang mau kita blok, caranya klik tanda Tambah pojok atas lalu masukkan alamat yang mau diblok


Dst Host : (alamat yang akan di blok)


Action nya kita pilih deny lalu klik OK








Setelah itu kita arahkan ke Google untuk mengecek apakah situs nya ter-blok atau tidak


caranya kita ketik nama administrator yang sudah kita buat tadi contoh Admin@windy.com


Perhatikan situs yang saya blok sudah berhasil terblok




FINISH


Sekian Dan Terima Kasih, Semoga Bermanfaat


Mohon Maaf Bila Ada Kesalahan Kata Dalam Mengetik


Wassalamualaikum Wr.Wb





Demikianlah pembahasan Artikel Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server.

Mohon maaf jika pembahasan materi Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server. kali ini masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Jika dirasa ada materi yang perlu diupdate, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ya. Terima Kasih..

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Cara Konfigurasi, Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server. dengan alamat link https://cerdasliterasibangsa.blogspot.com/2019/07/pengertian-cara-konfigurasi-kelebihan.html