Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System

Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System - Hallo sahabat! Selamat datang di Cerdas Literasi Bangsa, Pada Artikel yang kalian baca ini yang berjudul Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System, sebisa mungkin kami telah mempersiapkan bahan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi dari postingan Artikel firewalls. pengertian firewalls, Artikel Jaringan Komputer, Artikel karakteristik dan teknik yang di gunakan firewalls, Artikel komponnen utama pembangun firewall, yang kami tulis ini dapat dipahami dengan mudah. Baiklah kalo begitu, selamat membaca!
Judul : Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System
link : Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System

Pengertian Firewalls - Firewall merupakan sekumpulan komponen yang diletakkan antara dua jaringan. Komponen tersebut terdiri dari komputer, router yang di rancang sebagai buffer antara jaringan publik dan jaringan internal (private) Fungsi firewall adalah untuk membatasi akses ke jaringan internal yang terhubung ke Jaringan publik (misalnya internet). Akses ke jaringan tersebut hanya yang memiliki autorisasi terhadap jaringan tersebut.
Komponen utama pembangun Firewall adalah
;


  1.  Metode yang digunakan.

  2. Aturan kebijakan keamanan jaringan (policy) . 

  3. Mekanisme autentifikasi. 



Pada saat ini terdapat dua jenis metode firewall yang umum digunakan yaitu packet
filtering router
dan proxy server.





Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls




Cara Kerja Firewalls





A. Karakteristik Firewalls


  1. Seluruh hubungan/kegiatan dari dalam ke luar , harus melewati firewall. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memblok atau membatasi baik secara fisik semua akses terhadap jaringan lokal, kecuali melewati firewall. Banyak sekali bentuk jaringan yang memungkinkan. 

  2. Hanya Kegiatan yang terdaftar/dikenal yang dapat melewati/melakukan hubungan, hal ini dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat dipilih sekaligus berbagai jenis policy yang ditawarkan. 

  3. Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan/kelemahan. hal ini berarti penggunaan sistem yang dapat dipercaya dan dengan sistem oprasi yang relatif aman. 



B. Teknik Yang Digunakan Oleh Firewalls


  1. Service control (kendali terhadap layanan) berdasarkan tipe-tipe layanan yang digunakan di Internet dan boleh diakses baik untuk ke dalam atau pun keluar firewall. Biasanya firewall akan mencek no lP Address dan juga nomor port yang di gunakan baik pada protokol TCP dan UDP, bahkan bisa dilengkapi software untuk proxy yang akan menerima dan menterjemahkan setiap permintaan akan suatu layanan sebelum mengijinkannyaBahkan bisa jadi software pada server itu sendiri , seperti layanan untuk web atau pun untuk mail. 

  2. Direction Conrol (kendali terhadap arah) berdasarkan arah dari berbagai permintaan (request) terhadap layanan yang akan dikenali dan di ijinkan melewati firewall. 

  3. User control (kendali terhadap pengguna) berdasarkan pengguna/user untuk dapat menjalankan suatu layanan, artinya ada user yang dapat dan ada yang tidak dapat menjalankan suatu servis,hal ini di karenakan user tersebut tidak di ijinkan untuk melewati firewall. Biasanya digunakan untuk membatasi user dari jaringan lokal untuk mengakses keluar, tetapi bisa juga diterapkan untuk membatasi terhadap pengguna dari luar. 

  4. Behavior Control (kendali terhadap perlakuan) berdasarkan seberapa banyak layanan itu telah digunakan. Misal, firewall dapat memfilter email untuk menanggulangi/mencegah spam. 



Jika Anda ingin mencoba mengaktifkan layanan firewalls, Anda perlu menyiapkan CD / DVD Operating System : CIearOS Enterprise versi 5.2, Manual Book instalasi dan Konfigurasi ClearOS Enterprise, CD / DVD Operating System : Microsoft Windows 2003 Enterprise Editions ',  MikroTik RouterOS (RB750, RB4SO, RB4SOG, atau DUM. Tahapannya bisa Anda cari pada layanan seperti youtube agar dapat Anda praktikan secara langsung, dengan melihat tutor vidionya.





Demikian itulah informasi sekilas tentang karakteristik dan teknik yang digunakan firewalls. Informasi ini diberikan dengan harapan, Anda dapat mengetahui cara kerja firewalls secara umum firewalls pada Sistem operasi Clear OS Enterprise v5.2, mikrotik dan microsoft Windows 2003 Enterprise. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Demikianlah pembahasan Artikel Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System

Mohon maaf jika pembahasan materi Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System kali ini masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya. Jika dirasa ada materi yang perlu diupdate, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ya. Terima Kasih..

Anda sekarang membaca artikel Karakteristik Dan Teknik Yang Digunakan Firewalls - Internet Security System dengan alamat link https://cerdasliterasibangsa.blogspot.com/2017/10/karakteristik-dan-teknik-yang-digunakan.html